Apel merupakan salah satu ikon dari Kota Wisata Batu. Sebagai kota wisata, maka apel yang merupakan simbol yang identik menjadi salah satu tujuan wisata ke Kota Batu. Ada beberapa varietas apel yang berkembang di Kota Wisata Batu diantaranya varietas apel itu adalah Manalagi, Rome Beauty, Granny Smith, Anna dan Wanglin.

Dalam wisata petik apel, murid SDIT Al Ibrah Gresik akan diberi edukasi tentang apel yang tumbuh di Kota Wisata Batu dan cara singkat dalam pembudidayaannya, tidak hanya itu murid SDIT Al Ibrah Gresik juga diberi edukasi tantang cara petik apel yang baik dan benar. Dalam wisata petik apel ini, para murid SDIT Al Ibrah Gresik dapat menikmati makan buah apel sepuasnya di kebun apel. Jika ingin membawa pulang hasil apel yang telah dipetik maka para murid dan guru dapat menimbang apel yang dibawa dan membayarnya sesuai yang telah dibawa.

Kegiatan petik apel ini akan menjadi wawasan baru bagi siswa dan siswi SDIT Al Ibrah Gresik karena mereka akan diberi pelajaran tentang buah apel dan tentang cara melestarikannya juga. Point tambahan dari wisata petik apel adalah munculnya sifat cinta alam yang akan tumbuh pada diri para siswa dan siswi SDIT Al Ibrah Gresik. Karena buah yang merupakan hasil dari alam yang harus dijaga, jika ingin terus dapat menikmati rasa buah apel maka harus selalu menjaga kelestarian lingkungan dan tanah.

Lokasi yang dipilih untuk wisata petik apel di Kota Wisata Batu berada di Kecamatan Bumiaji. Kecamatan Bumiaji adalah salah kecamatan di Kota Wisata Batu yang memiliki potensial untuk daerah pertanian karena letaknya yang berada di lereng pegunungan Arjuno-Welirang. Daerah ini sangat identik dengan tanaman apelya. Maka dari itu banyak kebun apel yang dapat dijadikan wisata petik apel. Salah satu kebun di Kecamatan Bumiaji tersebut digunakan sebagai tempat wisata petik apel dari para murid dan guru SDIT Al Ibrah.

Momen petik apel yang dilakukan oleh SDIT Al Ibrah dapat dilihat pada foto-foto berikut

[Foto Petik Apel SDIT Al Ibrah ]